review XI

KETERLIBATAN SOSIAL BUDDHISME DALAM MASYARAKAT THAILAND

Pandangan Agama Buddha di Thailand mengenai keterlibatan dalam masalah masyarakat ada dua, yaitu dari Bhikkhu Dhammadasa dan Bhikkhu Brahmagunabhorn. Bhikkhu Dhammadasa percaya bahwa keterlibatan Buddhisme secara sosial adalah dasar asli dari Agama Buddha. Kepercayaan dari Bhikkhu Dhammadasa mengenai keterlibatan dalam masalah sosial didasarkan pada konsep Iddappaccayata. Konsep Iddappaccayata merupakan hukum yang saling bergantungan. Menurutnya, Tidak ada orang, hal, bagian, element, atau partikel yang berdiri sendiri, kesemuanya saling bergantung satu sama lain. Mulai dari partikel sampai alam semesta, semuanya saling bergantung.

Pandangan Bhikkhu Phra Brahmagunabhorn menjelaskan tentang keterlibatan sosial Buddhisme berdasarkan Sila dan Vinaya. Sila dan vinaya difokuskan kepada individu agar menjadi lebih baik. Dengan demikian, seseorang yang baik akan mempengaruhi kehidupan masyarakat yang baik. Lingkungan masyarakat dimulai dari individu. Phra Brahmagunabhorn memberikan penyajian yang berbeda mengenai keterlibatan sosial buddhisme melalui sila dan vinaya. Sila adalah sistem yang mengontrol kehidupan eksternal manusia, ekspresi lisan maupun fisik, dan tatanan hubungan dengan orang lain dan lingkungan, terutama hubungan sesama manusia.

Buddhisme sering dipandangan sebagai agama yang bersifat individual. Pandangan tersebut berdasarkan konsep Buddhisme yang memberikan penyajian banyak mengenai penyendirian, terutama untuk tradisi samana. Secara jelas pula keterlibatan sosial Buddhisme sudah tertera dalam Sigalovada Sutta dalam teks kanon pali. Mengajarkan bagaimana seseorang hidup dilingkungan keluarga dan masyarakat.

Referensi

Vutthikaro, Samboon. 2010. Global Recovery: The Buddhist Perspective. The Concepts of Socially Engaged Buddhism in Thailand. Thailand: Mahachulalongkornvidyalaya University.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: