review VIII

Pandangan wanita islam terhadap poligami

Negara Indonesia mencantumkan dalam undang-undang, bahwa diperbolehkannya melakukan poligami, tetapi tidak poliandri. Agama Islam memperbolehkan adanya poligami. Dalam Al-Quran (QS an-nisa) menyatakan bahwa poligami adalah sunah (http://media.isnet.org/islam/Etc/Poligami1.html). Inilah yang dijadikan oleh seseorang menjadi dalil melakukan poligami. Selain dalil sunah, terdapat pula alasan untuk merawat para janda dan anak yatim. Sedangkan dalam kenyataan justru laki-laki tidak menikahi para janda miskin, justru para gadis yang masih muda belia. Dalil kitab suci dijadikan senjata untuk melakukan poligami.

Pandangan wanita Islam terhadap poligami berbeda-beda “dua informan menolak tegas-tegas adanya poligami dalam keadaan apapun pada masa kini… Ketigabelas informan kurang menyukai poligami, tetapi setuju jika poligami dilakukan dalam keadaan tertentu” (Anne Louise Dickson, 55: 2007). Bahkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Andree Feillard, 22/23 informan menolak poligami (Anne Louise Dickson, 19: 2007). Dengan jelas bahwa meskipun suatu ajaran memperbolehkan adanya poligami, tetapi sebagian besar pandangan wanita Islam tidak setuju dengan poligami. Karena wanita menjadi korban dari poligami yang berakibat pula pada anak.

Poligami juga menyengsarakan istri dan juga anak. Wanita manapun tidak pernah ingin madu, membagi cinta dan seksual kepada wanita lain. Seorang laki-laki tidak akan dapat membagi cinta secara 50% kepada masing-masing istri, selalu ada berat sebelah. Seorang istri akan lebih rela jika suami membagi cinta lebih banyak kepada anak, bukan wanita lain. Poligami selain menyengsarakan istri, juga berakibat pada anak. kasih sayang anak akan berkurang dari seorang ayah. Bahkan dalam satu keluarga antara istri yang satu dengan istri yang lain menjadi timbul perselisihan. Timbul percecokan yang tidak pantas dipandang oleh masyarakat. Masyarakat juga akan mengecap jelek adanya poligami.

Referensi

Benarkah Poligami Sunah…?. http://media.isnet.org akes tanggal 06 April 2012.

Dickson, Anne Louise. 2007. Pandangan Ibu-Ibu Aisyiyah di Malang Terhadap Poligami. Malang: Universitas Muhamadiyah Malang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: