Review VI

Pancasila dan pelestarian alam

Buddhisme selalu dipandang sebagai agama yang mencintai lingkungan. Gembar-gembor Go Green menjadi topik masa kini. Setelah dahulu terdapat dogma agama yang mengajarkan perusakan alam. Banyak perbedaan Buddhisme dengan agama lain, yang mengajarkan pelestarian alam. Salah satu hal yang mendasar dalam Buddhisme, yaitu Pancasila Buddhis. Sila pertama menjadi hal yang paling mendasar dalam pelestarian alam. “Aku bertekad akan menghidndari pembunuhan mahkluk hidup” (Tim penyusun, 27: 2003). Pelestarian alam tidak hanya terhadap alam saja, tetapi juga melestariakan binatang langka. Menghindari pembunuhan berarti menghindari populasi binatang.

Pembunuhan terhadap binatang juga membuat alam semesta menjadi hancur. Setiap binatang, entah sapi, kambing, atau yang lainnya, jika dibunuh akan mengeluarkan gas metana yang lebih banyak. Gas metana membuat kondisi alam semesta menjadi panas, merusak lapisan ozon. Sebagai contoh, ketika hari Idul Adha, terasa sekali temperatur bumi menjadi lebih panas dari sebelumnya. Menandakan betapa banyaknya gas metana yang dikeluarkan oleh binatang kurban.

Penebangan pohon, secara tidak langsung berarti membunuh mahkluk hidup (manusia dan binatang). Pohon menjadi pusat produksi oksigen, apabila penebangan pohon tidak diatasi dengan penanaman kembali, sama saja melakukan pembunuhan secara lambat. Tempat hidup dari populasi binatang langka akan menjadi punah akibat penggundulan hutan. Pembunuhan manusia ikut berperan akibat berkurangnya kapasitas oksigen di Bumi. Pelestarian alam sangat perlu dilakukan, cukup dengan tanpa pembunuhan dan hargailah lingkungan. Semua bentuk perusakan alam akan menimbulkan pembunuhan secara perlahan.

Referensi

Tim Penyusun. 2003. Materi Kuliah Agama Buddha untuk Perguruan Tinggi Agama Buddha (Kitab Suci Vinaya Pitaka). Jakarta: CV. Dewi Kayana Abadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: