BUDDHA BUKAN RASUL DALAM ISLAM

Beberapa tahun yang lalu, kita pernah mendengar kabar dari Agama Islam yang menganggap Sang Buddha merupakan salah satu dari Rasul Islam. Tetapi, jika Agama Islam menganggap bahwa Sang Buddha merupakan Rasul dari Allah. Maka, agama Buddha tentu saja tidak setuju dengan anggapan tersebut. “menurut 4:164 kita boleh berhujah bahwa besar kemungkinan bahwa Buddha adalah salah seorang Rasul yang dimaksudkan di situ” (Reza. 36: 2010). Agama Islam memiliki Kitab Suci (Al-Quran) yang menyebutkan bahwa Sang Buddha adalah salah satu Rasul dalam Islam. Hal ini mereka kemukakan, meskipun yang dituliskan dalam Ayat Al-Qur’an tidak secara langsung menyebutkan nama Sang Buddha adalah Rasul mereka.

Rasul dalam Agama Islam merupakan seseorang yang mendapatkan suatu wahyu dari “Allah” (sebutan untuk Tuhan di Agama Islam). Padahal, Sang Buddha tidak mendapatkan wahyu dari “Allah” ataupun dari mahkluk lain yang menyebutkan dirinya adalah Tuhan yang patut disembah. Sang Buddha mendapatkan pengetahuan dari hasil meditasi yang didapat dari pengalaman bukan wahyu. Bahkan Agama Buddha tidak mengajarkan umatnya untuk menyembah mahkluk lain, karena Agama Buddha tidak memiliki Tuhan. Semua yang terjadi pada mahkluk hidup bukan dari Tuhan, melainkan karma yang menjadikannya. “Allah” jika dipandang dari Agama Buddha maka “Allah” termasuk kedalam mahkluk yang ada dalam Alam Abhasara. Dalam Al-Quran menyebutkan pada saat Muhammad sedang berada di Gua Hira, tiba-tiba datang sebuah cahaya yang memberikan ajaran kepada Muhammad. Sedangkan Sang Buddha tidak ditangi oleh Mahkluk bercahaya dengan memberikan pengetahuan kepada Sang Buddha. Pandangan Agama Islam yang menganggap Sang Buddha adalah Rasul Islam, maka Hal itu adalah salah. Agama Buddha tidak sama dengan Agama Islam. Buddha Bukanlah Rasul yang Menerima Wahyu Ilahi.

Referensi

Kazemi, Reza Shah. 2010. Tapak Persamaan: Kesamaan Kerohanian dan Etika Antara Islam dan Buddhisme. London; Felow Institut Diraja Aal-Bayt.

 

About Foe_Ya

aku adalah seorang pelajar

Posted on 23 Februari 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: